Sunday, February 20, 2011

Mudah Terkena Flu

 Dr. Yenny yang baik, Saya pria berusia 26 tahun. Secara umum kondisi tubuh saya bisa dibilang sehat. Namun akhir-akhir ini ada gejala penyakit yang tidak nyaman yang sering melanda badan saya, yakni mudah flu dan badan terasa pegal. Sebenarnya kondisi ini sudah saya alami sejak 5 tahun lalu, namun belakangan ini keadaannya makin menjadi. Saya mudah flu tiap kali kehujanan sedikit saja, mudah flu bila minum air dingin walau tidak banyak, juga mudah flu dan bersin bila terkena debu atau angin yang agak dingin. Yang ingin saya tanyakan apakah gejala ini dinamakan dengan penyakit sinusitis? Bila iya, bagaimana cara pencegahannya? Apakah penyakit ini dapat disembuhkan? Dan benarkah sinusitis lebih banyak menyerang pria dibanding wanita? Mohon jawaban dokter.

Denny – Cilebut
Jawaban ;

Denny yang baik, sakit flu atau influenza adalah infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini banyak terdapat di udara luar, dan dapat dengan mudah menyerang dan menimbulkan gejala pada seseorang dengan daya tahan tubuh yang menurun. Penyebab turunnya daya tahan tubuh antara lain pola hidup yang kurang baik (kurang olah raga, diet yang buruk, sering terpapar stressor baik fisik maupun psikis).
Berbeda dengan flu, sinusitis adalah peradangan rongga sinus, dan terjadi akibat seringnya serangan flu yang menyebabkan penumpukkan lendir di rongga sinus. Gejalanya antara lain hidung berair/lendir, batuk terutama malam hari, hidung tersumbat, nafas berbau, sampai sakit kepala dan nyeri pada wajah. Sinusitis biasanya berhubungan dengan alergi pernafasan, sehingga terapinya adalah pemberian antibiotik.
Pilek dan bersin yang timbul setiap kehujanan, minum air dingin, terkena debu dan angin, munkin saja merupakan gejala alergi pernafasan. Hal – hal di atas merupakan pencetus timbulnya gejala, sehingga perlu dihindari selama masa penyembuhan.
Apakah benar sinusitis lebih banyak menyerang laki-laki daripada perempuan, belum ada penelitian yang membuktikan hal ini.
Terapi flu dan alergi pernafasan yang biasa diberikan ialah obat anti alergi/antihistamin, obat herbal (jahe, ginseng, buah-buahan yang mengandung antioksidan), dan yang sekarang banyak disarankan, karena terbukti efektif, aman dan tanpa efek samping, ialah akupunktur. Penusukan titik-titik di dada, lengan, kaki dan perut ini berfungsi menyeimbangkan meridian paru, lambung, usus besar, dan limpa. Dengan terapi akupunktur secara teratur, dipercaya aliran darah akan lebih baik, produksi hormon-hormon untuk metabolisme dan sel-sel imunitas meningkat, sehingga daya tahan tubuh akan menjadi lebih baik pula, dan tubuh akan lebih jarang terserang flu dan alergi.
Untuk mencegah kambuhnya gejala alergi, perlu menghindari pencetus, berolah raga teratur ( 2 – 3 kali dalam seminggu), beristirahat cukup ( tidur 6 - 8 jam per hari), dan menjaga pola makan yang baik (diet sehat dan seimbang, konsumsi cukup buah dan sayur), serta mengurangi manis supaya limpa lebih kuat dan daya tahan tubuh meningkat.
Dan ingatlah selalu untuk berdoa dan berpikir positif, karena Tuhan –lah yang menentukan kesembuhan dapat terjadi. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment