Tuesday, February 22, 2011

Alergi Kulit dan mudah berjerawat

 Dokter Yenny yang cantik, perkenalkan nama saya Doni, usia saat ini 29 tahun. Dokter, saya memiliki masalah yakni kulit saya terutama kulit wajah gampang terkena alergi. Wajah saya mudah berjerawat, contoh bila saya kena angin malam maka dua hari kemudian di wajah saya mulai tumbuh jerawat. Demikian juga bila saya memakai sabun atau pembersih muka, pasti wajah saya tak lama kemudian berjerawat. Apakah ini yang dinamakan alergi atau kulit sentitif? Yang pernah saya tahu, kulit berjerawat itu hanya ada pada saat orang mengalami pubertas atau masa remaja. Apakah benar demikian? Kalau ya, usia saya kan bukan remaja lagi, tapi mengapa saya mudah berjerawat? Adakah pengobatan akupunktur yang bisa membersihkan atau mengurangi mudahnya jerawat tumbuh di wajah saya? Mohon penjelasan Dokter.
Doni, Depok
Jawaban:

Doni yang baik,
Jerawat memang masalah yang paling sering dialami oleh remaja, tapi bukan berarti orang dewasa tidak mungkin berjerawat. Bahkan bayi pun dapat memiliki jerawat.
Jerawat adalah peradangan kulit akibat tersumbatnya saluran kelenjar minyak atau pori - pori, dan dapat terjadi pada wajah maupun badan ( dada dan punggung). Jerawat timbul bila ada factor pencetus, antara lain :
1. Genetik atau keturunan.
2. Perubahan hormon yang ekstrim, misalnya pada kehamilan, masa menstruasi, konsumsi obat KB, dan stress.
3. Produk perawatan wajah atau rambut yang terlalu berminyak.
4. Obat – obatan seperti steroid dan fenitoin.
5. Kelembaban tinggi dan keringat berlebihan.
Gejala yang sering terlihat adalah adanya komedo (titik putih atau hitam di kulit), bisul pada kulit dengan kemerahan di sekitarnya, yang menandakan peradangan telah terjadi.
Berbeda dengan jerawat yang merupakan iritasi, alergi kulit timbul karena makanan atau produk perawatan wajah yang menimbulkan alergi. Jadi bila menghentikan pemakaian produk dan berhenti mengkonsumsi makanan tersebut, gejala alergi akan berkurang dan hilang.
Untuk mengatasi jerawat, dapat dilakukan langkah – langkah di bawah ini :
1. Membersihkan wajah secara teratur dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah.
2. Bila rambut berminyak, sebaiknya tidak membiarkan rambut tergerai menutupi wajah.
3. Tidak memencet jerawat dan tidak sering menyentuh jerawat dengan tangan kotor.
4. Menggunakan produk perawatan wajah yang tidak berminyak dan non-comedogenic.

Pada kasus Anda, jerawat timbul bila Anda membersihkan wajah dengan pembersih. Cobalah mencari dan menggunakan sabun wajah yang sesuai jenis kulit Anda dan bersifat non-comedogenic, karena sudah terbukti dapat mencegah timbulnya jerawat baru. Bila jerawat tidak juga hilang setelah itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah perlu pengobatan lain yang lebih agresif, misalnya dengan antibiotik atau cara terapi lain.
Cara terapi lain yang efektif dan aman, dan sudah diakui oleh WHO adalah dengan akupunktur. Menurut Traditional Chinese Medicine (TCM), jerawat berhubungan dengan kerja meridian organ Paru – paru, Lambung, dan Limpa. Paru – paru berfungsi mengatur aliran panas yang masuk dan keluar ke tubuh melalui kulit, Lambung bersifat hangat dan berfungsi untuk mencerna makanan, dan Limpa berfungsi mengeluarkan lembab dari tubuh. Bila panas Lambung dan kelembaban Limpa berlebihan dan Paru – paru tidak dapat mengeluarkannya sehingga tertimbun di dalam tubuh, maka dapat timbul jerawat di sepanjang saluran meridian lambung, yaitu di wajah dan dada.
Ketidakseimbangan ini dapat terjadi akibat stress, kurang istirahat, dan faktor makanan. Makanan pedas, berminyak dan mengandung bahan pengawet terlalu banyak, dapat menekan kerja Limpa untuk mengeluarkan lembab dari tubuh, sehingga perlu dihindari.
Penusukan titik – titik akupunktur di permukaan tubuh dipercaya akan mengembalikan keseimbangan kerja meridian organ – organ tersebut, dan jerawat akan berkurang dan hilang dalam 6 – 8 minggu bila terapi akupunktur dilakukan secara teratur 2 – 3 kali seminggu. Tergantung jenis, banyaknya, dan sudah berapa lama jerawat diderita, dokter akan memberikan obat herbal untuk membantu kesembuhan. Selama terapi, pasien disarankan menjaga diet, istirahat cukup, dan mengurangi stress, dan tentu saja untuk terus berdoa dan percaya bahwa Tuhan akan selalu membantu kesembuhan bila Dia berkenan.
Semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. Dok,wajah saya alergi akibat pemakaian sabun muka yang gak cocok,wajah jadi bengkak ,gatel,pertama gatel dileher terus naik kemuka,gimana ya cara mengatasinya? Mata saya jadi bengkak sebelah.makasih

    ReplyDelete
  2. I think your blog is great for reading and thanks for notification on your blog , and I think your blog should be updated again
    http://www.sanadomino.com

    ReplyDelete